Sabtu, 16 Januari 2010

AMONGST WHITE CLOUD ~ Bhikshu Bertapa

Among White Clouds adalah sebuah film yang sangat menarik. Kita diajak menyelami kehidupan para bhikshu yang menjalankan kehidupan dalam kesepian pegunungan di Zhongnan, Cina.

For ENGLISH please visit THE OFFICIAL SITE.

Banyak yang mengira bahwa para bhikshu hanya tinggal di vihara. Namun ternyata tradisi penyepian diri masih terjaga, bahkan sampai saat ini. Sutradara berkebangsaan Amerika Edward A. Burger mengajak kita dalam perjalanan tak terlupakan ini. Kepandaiannya berbahasa Cina amat membantu dalam menelusuri lebih akrab kehidupan para bhikshu ini.Saat minta diajari meditasi, bhikshunya berhenti sejenak dari kegiatannya bertani dan berkata: Kesadaran dan kehidupan tidak bisa dipisahkan. Meditasi? Inilah meditasi. Bekerja adalah meditasi. Bernapas adalah meditasi.

Kenyataannya memang meditasi bisa dilakukan sambil berkebun, memasaak, mengambil air dll. Tidak hanya sambil duduk sendirian dan penuh ketenangan seperti gambaran kita selama ini.

Burger mengungkap kepada kita sebuah tradisi, kebijaksanaan, kesederhanaan dan kebahagiaan dalam kehidupan para bhikshu dan bhikshuni yang bersahaja. Dengan humor dan cintakasih, para tokoh yang baik budi dan penuh inspirasi ini, membangkitkan semangat kita bahwa kita bisa mengatasi penderitaan dan mencapai pencerahan bahkan dalam kehidupan modern ini.

Ini filmnya:


Kalu gak sempat, trailernya aja dah: