Sabtu, 09 Januari 2010

Paris ~ Temple Bouddhique Chinois

Sorry there is no ENGLISH page, but you can find a FRENCH LANGUAGE link by clicking this LINK, s'il vous plaît!

Saat Perang Dunia pertama, sekitar 140 ribu orang Cina tiba di Paris sebagai pekerja untuk menggantikan para lelaki Prancis yang pergi berperang. Muncullah le quartier chinois, atau Chinatown. Mulanya di l'Ilot Chalon dekat Gare de Lyon, namun daerah itu sudah tidak ada sisanya lagi sekarang. Tahun 1930an datang orang Cina dari Wenzhou untuk menjadi pekerja kulit di dekat perkampungan Yahudi di le 3me arrondissement. Sampai sekarang toko2 di sini masih dimiliki oleh orang2 etnis Cina, namun tidak nampak ada pengaruh kebudayaan Cina sama sekali.

Chinatown yang sekarang terbentuk tahun 1970an di le 13me arrondissement. Mereka sebenarnya bukan dari Daratan Cina, namun penduduk keturunan Cina yang ada di Vietnam, Laos dan Cambodia, yang berasal dari suku Tiociu dan Konghu. Mereka melarikan diri saat peperangan berkecamuk di negara-negara tersebut. Sekitar 68 ribu etnis Cina tinggal di daerah ini.Tak heran di le 13me arrondissement yang penuh pencakar langit masih bisa ditemukan terselip sebuah vihara yang bergaya Cina.



Pour trouver le temple, il faut se rendre 44 avenue d’Ivry dans le 13eme arrondissement puis passer sous le porche de l’immeuble pour atteindre une place. Le temple se trouve non loin de la place.

Jangan sibuk cari kamus. Artinya cuma :
Untuk menemukan vihara ini, pergilah ke 44 avenue d'Ivry di le 13th arrondissement lalu menyeberang melalui terowongan bawah tanah dari gedung tersebut. Viharanya terletak tidak jauh dari alun-alun.

Monggo mas...

(Besok: Khanh Anh)