Minggu, 16 Mei 2010

TENTANG KEBOHONGAN

Ibu Pandita menutup kotbahnya hari ini dengan berkata :
"Minggu depan saya akan berkotbah tentang kebohongan. Saya harap semua umat dalam minggu ini bersedia membaca Dhammapada bait 424 dan merenungkannya. Tolong dilaksanakan ya, jangan sampai tidak."

Minggu berikutnya, Ibu Pandita maju dan berkata : "Sesuai dengan apa yang sudah saya pesankan minggu lalu, apakah umat sudah membaca Dhammapada bait 424? Siapa yang belum membaca, angkat tangan."

Umat tentu saja belum membaca. Tapi karena mereka tidak mau menyinggung perasaan Ibu Pandita, tidak ada mengangkat tangan.

Ibu Pandita berkata lagi : "Wah, bagus sekali, jadi rupanya semua sudah membaca, ya?"
Beberapa umat, terutama yang di depan, malu-malu mengangguk.


Ibu Pandita tersenyum dan berkata : "Kalau begitu mestinya semua tahu bahwa di dalam Dhammapada hanya ada 423 bait! Nah, sekarang saya akan memulai kotbah saya tentang kebohongan."

Wkwkwkwk...!


(besok: KEBOHONGAN TERBESAR)