Selasa, 08 Desember 2009

Kuan Yin tertinggi di Asia Tenggara

PENANG, Malaysia ~ The Star, 7 Desember 2009

For ENGLISH pleasee see video below this text.

Anjungan setinggi bangunan 20 tingkat yang menaungi patung Kuan Yin di Vihara Kek Lok Si, Air Itam, Penang, diresmikan kemarin.

Hadir lebih dari 3.000 bhikkhu dari Malaysia, Cina, Taiwan, Cambodia, Thailand dan Bhutan.
Selain itu tak kurang dari 10.000 wisatawan dan umat turut menyaksikan menyaksikan peristiwa bersejarah peresmian anjungan setinggi 60,9 meter yang ditunjang oleh 16 tiang granit. Anjungan itu menelan biaya 40 juta ringgit Malaysia (atau sekitar Rp.111.307.830.000,-)

Dalam kesempatan itu Minister in the Prime Minister’s Department Tan Sri Dr Koh Tsu Koon, menyerahkan sumbangan pemerintah federal senilai satu juta ringgit Malaysia untuk vihara yang sudah berusia 118 tahun itu. Prime Minister Datuk Seri Najib Tun Razak juga mengirimkan salam dan ucapan selamat untuk para umat Buddha Malaysia. Dr Koh mengatakan Vihara Kek Lok Si telah menjadi vihara Mahayana terbesar di Asia Tenggara, dan sekali gus menjadi lokasi wisata yang menarik, serta bukti kebebasan beragama di Malaysia.

Vihara Kek Lok Si didirikan oleh mendiang Most Venerable Miao Lian pada tahun 1891 dan menjadi semakin maju saat pimpinan mendiang Ven. Bai Sheng.