Selasa, 22 Desember 2009

Patung Buddha gaya Gandhara di Sarnath

Lucknow, 1 Nov 2009: Salah satu patung Buddha tertinggi di dunia akan segera diresmikan di Sarnath, India,tempat Buddha membabarkan ajarannya untuk pertama kali.

For ENGLISH please see THE TELEGRAPH

Di sebuah vihara Thai di Sarnath, pemerintah Thailand mendanai pembuatan sebuah patung setinggi 33 meter dengan gaya Gandhara. Gaya ini sama dengan kedua patung Buddha di Bamiyan, Afghanistan, yang dihancurkan oleh Taliban bulan Maret 2001.

Proyek ini sebenarnya sudah dimulai 10 tahun lalu namun terhenti karena Thai Buddha Vihar kekurangan dana. Pembangunan dimulai lagi tiga tahun lalu setelah mendapat bantuan dari pemerintah Thailand.

Pengerjaan dilakukan oleh Mohan Lal, pembuat patung terkenal dari Uttar Pradesh yang sudah banyak membuat patung Buddha di tempat lain.

"Patung ini akan menjadi salah satu patung Buddha tertinggi yang dalam posisi berdiri dan dengan gaya Gandhara. Walaupun bukan merupakan replika dari patung di Bamiyan, namun akan membuat orang terkenang akan Bamiyan," kata Lal yang terlebih dahulu pergi ke Afghanistan sebelum memulai karyanya. Ia menggunakan batu sandstone dari Chunar yang terkenal.

Bhante Rashim, pimpinan Vihara Thai, berharap "Sarnath akan bangkit sebagai salah satu pusat ziarah umat Buddha apabila patung ini sudah selesai dan orang-orang dari seluruh dunia mendengar beritanya."

Pengurus vihara tidak menyebutkan berapa biaya pembuatan patung tersebut, namun sumber-sumber lain mengatakan sekitar US$50juta (sekitar 450 milyar rupiah).