Kamis, 03 Desember 2009

Wah, ada yang mirip dengan aku!

Konon menurut orang-orang pandai, sesuai dengan the law of averages, setidaknya ada delapan orang di dunia ini yang terlihat mirip dengan kita. Hmmm... :-)

Nah, kalau Anda melihat seseorang yang "benar2 mirip" dengan Anda di jalan, apakah yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan menyelidikinya? Siapakah dia? Apakah ia suatu "sisi gelap" dari Anda? Atau kembaran Anda?

Bagaimana kalau ternyata ia justru jauh lebih baik -dalam arti kata perbuatan, pikiran dan ucapannya- daripada Anda? Mungkinkah ia yang "sisi terang" dan malah Anda yang merupakan "sisi gelap"nya? Bagaimana Anda bisa memperbaiki diri untuk setidaknya "menyamainya"?

Memang tidak mudah, tiba-tiba berhadapan dengan kembaran kita sendiri. Selalu ada kecenderungan untuk membandingkan, siapa yang lebih "baik".

Mungkin bisa jadi bahan yang bagus buat film horror!

Dalam film LITTLE BUDDHA, ada adegan saat "Calon Buddha" harus berhadapan dengan "Mara" yang merupakan ilusi "dirinya sendiri". Tidak ada pertarungan fisik yang seru. Mara 'dikalahkan' dengan penyadaran secara langsung akan diri sendiri. Adegan dalam film ini merupakan suatu penggambaran kembali yang artistik dan kreatif tentang bagaimana Buddha menghadapi "hantu dalam dirinya sendiri".



Nontonlah lagi penggalan film yang menarik ini. (Video dari youtube di atas ini).

Nyatanya sejak awal memang sudah tidak ada "aku" - di mana pun dan kapan pun- karena 'aku' selalu berubah. Jadi pertanyaan aki kemarin malam sekedar untuk refleksi diri saja ya?

Tat Twam Asi - Dia adalah Engkau.